UPBU Rembele Bener Meriah Jadi Venue Cabor Gantole PON XXI Sumut-Aceh

PPID Bener Meriah | Selasa, 10 September 2024 | Informasi Pemerintahan  Informasi Umum 

BENER MERIAH | Gantole merupakan salah satu olahraga yang dimainkan dengan menggunakan pesawat tanpa mesin atau glide. Dimana sang pilot meluncur dari ketinggian atau landasan tertentu dengan memegangi salah satu rangka pesawat.

Ketua Panitia Pelaksana Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Kabupaten Bener Meriah yang sekaligus Ketua Federasi Aerosport Indonesia (FASI) kabupaten setempat, Ir. Nurisman Senin (26/8/2024) mengatakan,bahwa Gontole masuk kedalam cabang olahraga (Cabor) Dirgantara yang di perlombaan di PON XXI 2024.

"Ada beberapa Cabor Dirgantara yang di perlombaan kali ini, seperti Aero Modeling, Paramotor, Paralayang, Terjun Payung, Terbang Layang dan Gantole, " rinci Nurisman.

Dijelaskan, untuk Gantole sendiri ada tiga sistem yang di gunakan untuk lepas landas. Pertama mengunakan sistem aero towing yaitu menggunakan pesawat microlight Trike sebagai pesawat penariknya hingga ketinggian tertentu lalu dilepas.

"Selanjutnya Static towing dioperasikan menggunakan motor statis yang dapat mengulur tali hingga sepanjang 100 meter. Beda untuk static towing ini motor statis tidak ikut terbang,” jelasnya.

Selain itu, ada jenis lepas landas dari ketinggian yang jika di Bener Meriah biasa dilakukan dari puncak Bur Temun atau Puncak Merah Putih, sedangkan yang di gunakan untuk PON XXI 2024 kali ini yaitu sistem aero towing dan static towing.

Ketua FASI Bener Meriah menambahkan, nanti ada 47 atlet dan 66 Official dari 15 Provinsi yang akan bertanding di Bandara Rembele ini.

"Sedangkan untuk panitia pelaksana ada 66 orang, termasuk juri dan wasit untuk Cabor Gantole ini. Nanti ada wasit dan juri nasional yang berasal dari PB FASI Indonesia, " tambah Nurisman .

Menurut Nurisman, satu orang wasit yang bertindak sebagai inspektur pertandingan adalah jenderal aktif Angkatan Udara (TNI-AU) Marsma Agus Priyanto.

Sedangkan jadwalnya nanti, 6 September 2024 ada sesi Latihan bebas 7 dan 8 latihan resmi. " Sedangkan untuk perlombaan nya mulai dari tanggal 9 s/d 19 September 2024 mendatang,’ katanya.

Nurisman menambahkan, untuk Gantole pertama kali diadakan di Bener Meriah pada 2022 lalu Oleh atlet yang berasal dari Sumatera Barat.

"Dengan mengunakan metode terbang dari ketinggian yaitu dari puncak Bur Temun kampung Bale Redelong. Penerbangan pertama waktu itu di peruntukan untuk memperkenalkan Gantole dan meninjau Kabupaten Bener Meriah sebagai Venue olahraga Dirgantara tersebut di Ajak PON XXI 2024" tutupnya (Ar/Diskominfo)